Got My Cursor @ 123Cursors.com

28 Februari 2011

Mental Lebih Kuat Berkat Main Video Game

SCIENCE Daily baru-baru ini merilis hasil penelitian yang menyebutkan video game ternyata berpengaruh positif dalam perkembangan mental dan psikologis anak.


Dalam penelitian yang melibatkan anak usia 11-16 tahun ini, ditemukan bahwa anak-anak yang bermain game bersama orang tuanya meraih manfaat lebih banyak.
Manfaat yang didapat antara lain perilaku yang baik, hubungan keluarga yang lebih erat, serta kondisi mental yang lebih kuat.
Ketiga manfaat ini ditengarai akibat adanya kompetisi yang menegangkan sekaligus menghibur yang dihasilkan oleh video game.
Anehnya, ketiga manfaat ini hanya berlaku pada anak-anak perempuan. Para peneliti belum menemukan penyebab mengapa ketiga hal ini tidak dirasakan oleh objek penelitian dengan jenis kelamin laki-laki.
Psychology Today menyebutkan agar hubungan keluarga lebih erat, game yang dimainkan harus sesuai dengan usia anak. Game dengan rating M (mature – untuk dewasa) dapat melemahkan hubungan antar pemain.
Penelitian ini melibatkan 287 keluarga yang memiliki anak-anak remaja. Mario Kart, Mario Brothers, Wii Sports, Rock Band, dan Guitar Hero menjadi game yang paling banyak dipilih anak-anak perempuan yang menjadi objek dalam penelitian ini. Sedangkan anak laki-laki lebih banyak memilih Call of Duty, Wii Sports, dan Halo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar