Got My Cursor @ 123Cursors.com

19 September 2010

komputer


                istilah computer berasal dari kata “to compute” dalam bahasa inggris atau “computare” dalam bahasa latin yang berarti “menghitung”.
KOMPUTER yaitu alat untuk manipulasidan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan. Definisi komputeryang dibuat oleh para ahli berbeda –beda sesuai dengan lingkupnya
·        Menurut buku Computer Today, computer adalah suatu system elektronik untuk menipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancangdan diorganisasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input(masukan)memproses data tersebut,dan menghasilkan output(keluaran) berdasarkan langkah- langkah perintah pada program yang tersimpan di memori.
·        Menurut Hamacher, ww adalah mesin penghitung elektronik cepat dan dapat menerima informasi input digital,kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memori, dan menghasilkan output berupa informasi.
·         Menurut Feori,computer adalah suatu pemproses data yang dapat melakukan penghitungan dalam skala besar secara cepat penghitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan dari manusia.

Perkembangan computer yang begitu pesat menjadikan computer tidak hanya mampu menghitung, melainkan juga mengolah data yang berbentuk alfanumerik maupun numeric(teks). Sementara itu, untuk menghitung skala kecil telah dikembangkan suatu alat yang biasa disebut kalkulator. Untuk mewujudkan konsep computer sebagai pengolah data dan penghasil informasi,diperlukan system computer. System computer merupakan kombinasi dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware(pengguna computer). Ketiga komponen system computer tersebnut harus saling berhubungan dan berbentuk kesatuan , agar bisa mengoperasi dan mengendalikanya.  

Penggolongan komputer
Penggolongan komputer awalnya dilakukan berdasarkan besar memori yang digunakan sebagai penyimpan data pada komputer. Penggolongan computer yang lebih tepat, yaitu berdasarkan kemampuan pengolahan data. Komputer juga dapat digolongkan berdasarkan fisik, system operasi dan jenis data yang diolah.
1.    Komputer dapat digolongkan berdasarkan kemampuan fisik antara lain:

mainframe
Ø    Mainframe merupakan computer yang memiliki ratusan atau ribuan unit prosesor sehingga kemampuannya sangat besar dan berukuran besar. Mainframe dapatr membagi memorinya untuk beberapa pemakai dan dapat menggunakan program yang berbeda pada saat yang sama. Komputer jenis ini biasanya digunakan pada perusahaan atau universitas berskala besar. Superkomputer merupakan mainframe tercanggih yang bias melakukan perhitungan yang kompleks.

Ø     
mini komputer
Minicomputer      merupakan bentuk mini dari mainframe yang memiliki puluhan unit prosesor. Minicomputer ditujukan untuk perusahaan yang cukup besar. Minicomputer umumnya digunakan sebagai antarmuka antara mainframe dan jaringan komputer. Tetapi, saat ini minicomputer makin jarang digunakan karena fungsinya digantikan oleh PC yang makin canggih.

mikrokomputer
Ø    Personal computer (PC) atau Microcomputer adalah komputer yang berukuran relative kecil dan ditujukan untuk satu pemakaian. Komputer ini terdiri atas CPU yang berfungsi untuk mengolah data. Dengan menghubungkan antara PC satu dan PC lainnya untuk membentuk jaringan, PC dapat menandingi kemampuan mainframe dan minicomputer. PC dapat berbentuk tower dan desktop.

·    Tower  merupakan komputer yang memiliki casing diletakan dengan posisi berdiri.

·    Desktop  merupakan komputer yang memiliki casing yang diletakan dengan posisi tidur, umumnya ditaruh dibawah monitor.


Ø Computer portable adalah komputer yang berukuran lebih daripada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan.

o  Deksnot  adalah komputer yang berbentuk gabungan antara desktop dan notebook sehingga memiliki kemampuan desktop tetapi berbentuk seperti notebook. Computer ini mudah menghabiskan baterai.
deksnot/notebook

o  Notebook  adalah komputer yang berukuran sebesar buku catatan. Awalnya, notebook disebut laptop. Dan computer ini lebih hemat baterai 
laptop

o  Subnotebook  adalah komputer yang memiliki ukuran diantara computer notebook dan palmtop.

o  Palmtop adalah komputer yang dapat digengam karena ukurannya sangat kecil. Computer ini sering disebut dengan handheld computer. Kelemahan dari computer ini adalah keyboard dan layar yang terlalu kecil serta kemampuan kurang lenkap dibandingkan notebook.
palmtop


2.   Berdasarkan jenis data yang diolah, computer dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu

1)  Computer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata, berkerja secara kontinu dan parallel.
2)  Computer digital  digunakan untuk mengolah data kuantatif yaitu huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter-karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik.
3)  Computer hybrid merupakan kombinasi antara computer analog dan digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar